Ukuran file yang terlalu besar dapat menghambat proses pengiriman data. Tidak hanya memakan waktu yang lama, ukuran file yang terlalu besar juga dapat mengonsumsi lebih banyak kuota internet. Dalam operasional bisnis, hal ini sangat tidak efisien.

 

 

 


Ilustrasi dokumen.

 

 

 

Teknologi kompresi data dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran file sehingga proses pengirimannya menjadi lebih cepat. Namun, kendala selanjutnya muncul. Bukankah file yang dikompresi dapat menurunkan kualitasnya?

 

Tak perlu khawatir! Kini hadir teknologi kompresi data yang dapat mengecilkan ukuran file tanpa mengurangi kualitasnya. Mengapa bisa demikian?

 

Lossy vs Lossless

Secara umum ada dua jenis kompresi data, yakni lossy dan lossless. Walaupun sama-sama dapat mengecilkan ukuran suatu file, ada perbedaan signifikan antara kedua teknologi tersebut.

 

Pada kompresi data lossy, ukuran file dikecilkan dengan menghilangkan beberapa informasi pada file asli. Hasilnya, file yang dikompresi akan mengalami penurunan kualitas. Selain itu, penghilangan beberapa informasi tersebut mengakibatkan file hasil kompresi lossy tidak dapat dikembalikan lagi ke bentuk aslinya. 

 

Sementara itu, kompresi data lossless mampu mengecilkan ukuran file tanpa mengganggu kualitasnya. File hasil kompresi masih dapat dikembalikan ke bentuk semula. Kompresi data jenis inilah yang menjadi jawaban bagi #SahabatPrimacom yang menginginkan data berukuran kecil tetapi kualitasnya tetap terjaga.

 

Kompresi hingga 99%

PrimaX, teknologi kompresi data terbaru dari Primacom, mampu mengompres berbagai jenis file hingga 99%. Dengan memanfaatkan fitur lossless compression, PrimaX dapat mengecilkan ukuran file teks, grafis, foto, audio, dan video tanpa mengganggu kualitasnya. Dengan PrimaX, proses kirim-mengirim data menjadi lebih cepat, storage lebih efisien, dan biaya operasional pun jadi lebih efektif!

 

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dan dapatkan layanan PrimaX yang mampu menyesuaikan dengan kondisi di lapangan! Klik di sini!