Primacom.com - 21/01/2022

 

 

 


Ilustrasi UMKM di daerah pelosok.

 

 

 

Jumlah pelaku UMKM terus meningkat. Tempo mencatat pada 2016 terdapat 61,7 juta pelaku UMKM di Indonesia. Pada 2017, angka ini meningkat menjadi 62,9 juta. Yang terkini, hingga Maret 2021, data dari Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan jumlah pelaku UMKM sudah menyentuh angka 64,2 juta.

 

Akan tetapi, dilansir dari CNN Indonesia, per Desember 2021 jumlah UMKM yang terintegrasi dengan platform digital baru 16,4 juta. Walaupun angka ini mengalami kenaikan 105% dari tahun sebelumnya, tetap saja masih ada selisih yang cukup besar antara jumlah UMKM secara keseluruhan dengan jumlah UMKM yang sudah terhubung dengan platform digital.

 

Padahal, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut, usaha masyarakat yang terkoneksi ke ekosistem digital memiliki daya tahan yang lebih baik terutama di tengah masa pandemi. Hal tersebut tampak dari jumlah transaksi di e-commerce yang meningkat 54% selama pandemi. Teten menyebut, setidaknya ada rata-rata lebih dari 3 juta transaksi di e-commerce dalam satu hari.

 

Sayangnya, di tengah peluang yang menjanjikan ini, akses internet masih belum merata. Kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan menjadi salah satu faktor penyebab. Dengan wilayah yang luas dan terpisah oleh lautan, membentangkan fiber optic sebagai satu-satunya media transmisi ke seluruh penjuru negeri rasanya sulit dilakukan.

 

Akibatnya, wilayah terpencil yang sulit dijangkau fiber optic tidak memiliki akses internet yang memadai. Hal ini membuat UMKM di daerah terpencil susah berkembang.

 
Apa solusinya?

Kini pelaku UMKM tak perlu khawatir lagi. Telah hadir teknologi internet satelit terbaru yang menggunakan High Throughput Satellite (HTS). Teknologi ini mampu memberikan koneksi yang lebih cepat dengan harga yang lebih hemat.

 

Layanan internet satelit Prima HTS dari Primacom dapat dinikmati dengan beragam pilihan paket. Perangkat ringkas, proses instalasi praktis, dan jangkauan ke seluruh pelosok negeri, membuat Prima HTS sangat cocok digunakan untuk membantu pelaku UMKM di daerah terpencil berekspansi ke ekosistem digital.

 

Segera konsultasi dan dapatkan penawaran menarik Prima HTS. Klik di sini!