5 Tip Ini Bantu Manajemen Waktu agar Lebih Efektif

Tangerang, 22 Januari 2021 – Bagi sebagian orang, 24 jam dalam sehari barangkali tidak cukup. Dengan rutinitas yang padat, tidak sedikit yang jadi kewalahan membagi waktu untuk bekerja, menekuni hobi, serta berkumpul bersama keluarga atau orang terdekat. Walaupun tampak sederhana, ketidakmampuan mengatur waktu ini dapat berimbas pada kesehatan.

Sumber: freepik.com

Tidak jarang, jam tidur dikorbankan demi menuntaskan pekerjaan. Jika sudah demikian, tubuh akan menjadi lemas serta kerja metabolisme pun akan terganggu. Belum lagi, apabila diiringi dengan perasaan tertekan. Bisa-bisa berujung pada depresi.

Supaya #SahabatPrimacom dapat lebih produktif dengan manajemen waktu yang baik, berikut adalah 5 tip yang dapat dilakukan.

 
1. Time Audit

Langkah pertama yang paling penting adalah mencari tahu untuk apa saja waktu kita terpakai. Coba mulai dengan menuliskan jadwal harian lengkap dengan perkiraan durasinya. Kadang kala, waktu terbuang sia-sia untuk pekerjaan yang seharusnya dapat sebentar dikerjakan.

 
2. To-do List

Daya ingat manusia sangat terbatas. Untuk itu, menuliskan agenda serta menguraikan kegiatan apa saja yang akan #SahabatPrimacom lakukan dapat sangat membantu. Buatlah tanda centang untuk setiap pekerjaan yang sudah diselesaikan. Selain itu, #SahabatPrimacom dapat melingkari pekerjaan yang paling prioritas dengan bolpoin berwarna lain. Hal ini diharapkan membuat pekerjaan dan perencanaan jadi lebih tertata dan sistematis.

 
3. Plan Ahead

Membuat rencana amat penting. Biasakan diri untuk meluangkan waktu ±15 menit dalam sehari untuk menuliskan agenda atau aktivitas yang dilakukan dalam satu hari. #SahabatPrimacom dapat menuliskannya di malam hari, ataupun keeseokan harinya pada saat bangun pagi. Jangan sampai memulai hari tanpa rencana.

 
4. Just Say “No”

Jangan memaksakan diri untuk mengambil alih semua pekerjaan. Apabila beban kerja sudah dirasa terlalu padat, sampaikan kondisi tersebut kepada atasan. Harapannya, kedua belah pihak dapat berdiskusi untuk menemukan jalan keluar terbaik. Selain itu, beranikan diri menolak ajakan bepergian yang tidak penting selama hari kerja.

 
5. Online Calendar

Manfaatkan kalender daring yang tersinkronisasi dengan email dan seluruh perangkat yang #SahabatPrimacom gunakan. Salah satu alternatifnya adalah Google Calendar. Selain mendapat notifikasi untuk setiap jadwal yang akan berlangsung, #SahabatPrimacom juga dapat berbagi kalender untuk banyak orang. Tentunya, fitur ini akan sangat membantu apabila #SahabatPrimacom bekerja dalam tim dan punya jadwal yang padat.

Nah, untuk menggunakan kalender daring, pastikan #SahabatPrimacom selalu terhubung dengan koneksi internet yang prima dan stabil, ya! Jangan sampai kalendernya tidak terperbaharui dengan baik karena internet yang lemot. Tetap produktif dan semoga kelima tip ini dapat membantu #SahabatPrimacom!

Referensi:
Manipulate Time with These Powerful 20 Time Management Tips

Similar Posts