Selain Gong Xi Fa Cai, Ini 5 Ucapan Imlek yang Paling Populer

Imlek tidak melulu soal angpau, barongsai, dan lampion. Bagi sebagian orang, Tahun Baru Imlek adalah momentum untuk bersyukur dan berkumpul bersama keluarga. Aneka kue, manisan, serta kudapan khas Imlek pun menjadi hal yang tak terpisahkan.

Sumber Gambar: Freepik.com

Bukan seperti Tahun Baru Masehi yang selalu jatuh setiap tanggal 1 Januari, Tahun Baru Imlek dirayakan pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya. Sebab, Imlek bukan ditentukan berdasarkan penanggalan Masehi, melainkan berdasarkan penaggalan Lunar. Tahun ini, Imlek dirayakan secara global pada 12 Februari 2021.

Sayangnya, lantaran pandemi belum sepenuhnya usai, perayaan Imlek tahun ini tidak dapat dilakukan semeriah tahun-tahun terdahulu. Demi keamanan dan kenyamanan bersama, masyarakat yang merayakan Imlek diimbau untuk membatasi kegiatan kumpul-kumpul dengan keluarga besar.

Kendati demikian, kondisi ini tidak mengurangi euforia perayaan Imlek. Di tengah pembatasan aktivitas fisik, ungkapan sukacita Imlek masih dapat diucapkan secara virtual.

Salah satu ungkapan sukacita yang paling populer adalah Gong Xi Fa Cai. Saking seringnya diucapkan pada hari Imlek, banyak yang salah kaprah mengira Gong Xi Fa Cai berarti ‘Selamat Tahun Baru Imlek’. Padahal, arti sesungguhnya bukan demikian.

Dalam bahasa Mandarin, ‘gong xi’ berarti ‘selamat’ dan ‘fa cai’ berarti ‘menjadi kaya’. Sehingga, secara harfiah Gong Xi Fa Cai berarti ‘Selamat Menjadi Kaya’. Namun, selain berfungsi sebagai ucapan, Gong Xi Fa Cai juga dapat dimaknai sebagai doa agar rezeki selalu menyertai #SahabatPrimacom sekeluarga.

Bagi #SahabatPrimacom yang berencana mengirimkan ucapan Imlek kepada teman atau kerabat yang merayakan, berikut adalah 5 alternatif lain yang dapat diucapkan selain Gong Xi Fa Cai.

 
1. Xin Nian Kuai Le

Apabila #SahabatPrimacom ingin mengucapkan ‘Selamat Tahun Baru Imlek’, ungkapan yang tepat adalah 新年快乐 (Xin Nian Kuai Le). Biasanya, ungkapan ini selalu diucapkan beriringan dengan Gong Xi Fa Cai.

 
2. Wan Shi Ru Yi

Ungkapan yang satu ini juga tidak kalah populer. Secara harfiah, 万事如意 (Wan Shi Ru Yi) berarti ‘Semoga segalanya berjalan lancar’. Harapannya, bukan hanya aspek karier saja yang diberi kelancaran, tetapi juga aspek lainnya seperti jodoh, momongan, ataupun rencana ke depan.

 
3. Shen Ti Jian Kang

Semua jadi sia-sia apabila rezeki berlimpah tetapi kondisi fisik sakit-sakitan. Oleh karena itu, salah satu ucapan Imlek yang tidak boleh terlupakan adalah 身体健康 (Shen Ti Jian Kang) yang artinya ‘Semoga Anda sehat selalu’.

 
4. Xin Nian Jin Bu

Ungkapan ini punya makna yang mendalam. 新年进步 (Xin Nian Jin Bu) mengandung harapan agar tahun baru ini mendatangkan kemajuan bagi orang-orang yang #SahabatPrimacom ucapkan.

 
5. Nian Nian You Yu

Ungkapan 年年有余 cukup sulit diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Nian Nian artinya ‘tahun demi tahun’ sedangkan You Yu dapat diartikan ‘kelebihan’. Namun, apabila dirangkai jadi satu kesatuan, yang dimaksud dengan ‘kelebihan’ adalah rezeki dan kebahagiaan.

Yang lebih unik lagi, ternyata bunyi pelafalan ‘Yu’ pada ungkapan ini sama persis dengan bunyi pelafalan ‘ikan’ dalam bahasa Mandarin. Itu sebabnya, banyak hiasan dan ornamen ikan yang dipasang di hari Imlek. Harapannya, ornamen tersebut dapat mendatangkan rezeki yang berlebih di setiap tahunnya.

Itu dia 5 ungkapan yang paling sering diucapkan setiap Imlek tiba. Kirimkan ucapan ini di hari H Imlek melalui media sosial atau aplikasi pengirim pesan, percaya deh mereka yang diucapkan pasti akan terkesan.

Oh iya, supaya berkirim pesan makin nyaman, jangan lupa pastikan koneksi internet #SahabatPrimacom selalu prima, ya!

Selamat menyambut Imlek bagi #SahabatPrimacom yang merayakan! Shen Ti Jian Kang, Wan Shi Ru Yi! Semoga selalu diliputi kesehatan dan kesejahteraan.

Similar Posts