|

Mengenal Robot dan Jenis-Jenisnya

Robot, dalam berbagai bentuk dan fungsi, telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern. Robot digunakan di berbagai sektor, mulai dari manufaktur hingga medis. Dilansir dari Kompas, robot merupakan mesin yang mampu meniru perilaku manusia guna membuat pekerjaan manusia makin efektif. 

Robot diprogram untuk melakukan tugas-tugas tertentu secara otomatis atau semi-otomatis. Mereka dapat digerakkan dan dikendalikan oleh komputer, mikroprosesor, atau sistem kontrol lainnya. Robot sering dilengkapi dengan sensor dan aktuator yang memungkinkan mereka untuk merasakan dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Mengutip dari Kumparan, robot diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis. Dari sekian banyak jenis-jenis robot, berikut adalah 3 jenis robot yang paling umum kita temui!

Pre-programmed Robot

Robot ini diprogram untuk melakukan pekerjaan repetitif yang telah ditentukan. Jenis robot ini biasanya digunakan dalam industri manufaktur untuk memproduksi barang dalam jumlah massal serta dengan tingkat akurasi, presisi, dan konsistensi yang tinggi. 

Humanoid Robot

Robot ini didesain untuk meniru manusia, baik dari segi tampilan fisik maupun perilaku. Jenis robot ini biasanya memiliki struktur fisik layaknya manusia, seperti kepala, tangan, mata, dan sebagainya. Bahkan, beberapa robot humanoid dilengkapi dengan lapisan pembungkus yang menyerupai warna kulit manusia. Selain itu, robot ini dapat melakukan beberapa tindakan, seperti tertawa, berbicara, bersalaman, dll. 

Autonomous Robot

Robot ini sudah diprogram dengan kecerdasan buatan (AI) dengan memanfaatkan machine learning dan computer vision. Robot ini mampu berpikir, mengambil keputusan, hingga beroperasi mandiri tanpa banyak intervensi manusia. 

Itulah 3 jenis robot yang paling perlu #SahabatPrimacom ketahui. Apabila kita berbicara tentang robot, pembahasan kita tidak dapat dilepaskan dari teknologi AI. 

Primacom dapat mengembangkan sistem AI untuk pengawasan lingkungan kerja secara otomatis, yakni Primacom Smart e-View. Dengan penerapan computer vision, sistem ini dapat mengidentifikasi dan mendeteksi pelanggaran protokol kerja secara otomatis serta melaporkan anomali lain yang berisiko secara real-time, seperti api dan asap, barang tidak dikenal, dsb. 

Segera konsultasi dan dapatkan penawaran menarik dari Primacom untuk infrastruktur jaringan komunikasi perusahaan #SahabatPrimacom!

Similar Posts