5 Tips Tubuh Tetap Prima Selama Puasa Ramadan

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Pada bulan ini, umat Islam menjalankan ibadah puasa dengan menahan rasa lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam setiap harinya. Selain itu, ada rutinitas bangun lebih awal untuk melakukan santap sahur sebelum memasuki waktu subuh. 

 

Ilustrasi umat muslim berbuka puasa
Sumber: Freepik

Kondisi ini dapat membuat tubuh kurang terhidrasi dan jam tidur berkurang. Tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik serta ditambah dengan kurangnya jam istirahat dapat membuat kondisi tubuh tidak fit. Oleh karena itu, perlu adanya tips khusus agar stamina tubuh tetap terjaga selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. 

Dilansir dari situs web Kementerian Kesehatan RI, berikut adalah 5 tips yang dapat dilakukan agar tubuh tetap prima dan semangat beraktivitas selama bulan Ramadan! 

1. Atur pola makan saat sahur

Santap sahur memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga stamina selama berpuasa belasan jam ke depan. Perbanyaklah asupan makanan yang mengandung serat tinggi, seperti buah dan sayur. Hindarilah makanan tinggi minyak karena dapat menyumbat pembuluh darah dan lebih mudah menyebabkan kantuk di siang hari.  

2. Kontrol asupan makanan saat berbuka 

Mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak sekaligus saat berbuka dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut. Untuk itu, berbukalah dengan mengonsumsi makanan secukupnya secara bertahap. Sangat disarankan untuk berbuka dengan air putih dan sedikit makanan manis. 

3. Jaga pola makan malam

Makan malam terlalu banyak dapat memicu obesitas. Pada malam hari, sistem pencernaan tidak bekerja sebaik siang hari. Makanan yang dicerna akan disimpan menjadi lemak dalam tubuh. Itu sebabnya, makan malam dengan porsi besar harus dihindari. 

4. Lakukan aktivitas fisik

Berpuasa bukan berarti berhenti melakukan aktivitas fisik. Sembari menunggu jam berbuka, aktivitas fisik ringan dapat dilakukan minimal selama 30 menit. Aktivitas seperti jalan santai, lari kecil, bersepeda, yoga, serta sit up dan push up dapat menjadi alternatif agar tubuh tetap fit. 

5. Perhatikan jam tidur

Selama bulan puasa, jam tidur akan berkurang karena perlu melakukan ibadah pada malam hari dan bangun lebih awal untuk sahur dan salat subuh. Oleh karena itu, setelah ibadah malam usai, hindari melakukan aktivitas lainnya yang tidak diperlukan dan segeralah tidur agar tetap bugar di keesokan harinya. 

Baca juga: 4 Tips Mengelola THR

#SahabatPrimacom, 5 tips di atas dapat menjadi panduan untuk menjaga tubuh tetap prima selama berpuasa di bulan Ramadan. Dengan memelihara stamina tubuh, produktivitas kerja selama bulan Ramadan dapat tetap terjaga. 

 

Similar Posts