|

Primacom Adakan Sharing Knowledge of VSAT Communication di Politeknik Harapan Bersama Tegal

Rizky Witharka, project coordinator Primacom, sedang menyampaikan materi mengenai komunikasi satelit di hadapan peserta.

PT Primacom Interbuana (Primacom) mengadakan Sharing Knowledge of VSAT Communication pada Senin (23/5) dan Selasa (24/5) di Politeknik Harapan Bersama, Tegal. Kegiatan selama dua hari tersebut diikuti secara terbatas oleh 20 peserta yang merupakan mahasiswa Program Studi DIII Teknik Komputer. Pada hari pertama, peserta diberi pembekalan konsep dasar mengenai teknologi komunikasi satelit. Pada hari berikutnya, mereka diajak praktik melakukan instalasi antena VSAT.

Peserta terlibat dalam melakukan instalasi antena VSAT.

Kegiatan ini merupakan agenda lanjutan setelah Primacom memberikan bantuan berupa internet VSAT bagi Politeknik Harapan Bersama. Melalui sharing knowledge ini, Primacom berharap agar mahasiswa tidak hanya merasakan koneksi internet satelit, tetapi juga mampu memahami cara kerja dan proses instalasinya.

Direktur Marketing Primacom Domy K. Santoso menyampaikan, kegiatan ini selaras dengan misi Primacom untuk melayani dan mensejahterakan seluruh stakeholders, termasuk generasi muda di lingkungan kampus. Menurutnya, kolaborasi antara dunia industri dan dunia pendidikan harus diupayakan agar kurikulum di kampus selalu relevan dengan kebutuhan di lapangan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Primacom mendukung generasi masa depan yang terampil dan siap terjun bersama-sama membangun Indonesia,” jelas Domy.

Ketua Program Studi DIII Teknik Komputer Rais, M.Kom. mengapresiasi bantuan internet VSAT dan sharing knowledge yang diadakan Primacom. Menurutnya, kegiatan ini memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa agar dapat merasakan praktik yang dilakukan pihak industri.

“Semua ini sangat mendukung tersedianya konektivitas yang prima di lingkungan kampus, sekaligus memberi kesempatan bagi mahasiswa kami untuk mendapatkan wawasan dan keterampilan baru dari perspektif industri,” terang Rais.

Rizqi Dimas Setiawan, salah satu peserta, sangat antusias dengan sharing knowledge ini. Mahasiswa semester akhir Program Studi DIII Teknik Komputer ini mengaku mendapatkan banyak pengetahuan baru di luar pembelajaran di kelas yang selama ini lebih fokus pada teknologi jaringan komputer.

“Banyak dapat hal baru. Apalagi pada hari kedua, kami diajak praktik langsung melakukan instalasi antena VSAT di lapangan. Gak nyangka bisa simulasi pemasangan antena yang biasanya dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar,” sebut Dimas.

Peserta berfoto bersama.

Peserta berharap kegiatan seperti ini dapat terus diadakan secara berkala dan kuotanya dapat dibuka bagi lebih banyak peserta. Kegiatan selama dua hari tersebut diakhiri dengan prosesi pembagian sertifikat kepada seluruh peserta dan foto bersama.

Similar Posts