5 Tradisi Khas Masyarakat Indonesia Sambut Lebaran

Hari raya Idulfitri merupakan momentum istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Dikenal pula sebagai Lebaran, hari raya ini dinanti-nantikan oleh umat Islam seusai menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan lamanya.

https://img.freepik.com/premium-photo/family-forgiving-each-other-shake-their-hand-idul-fitri_8595-29878.jpg?w=996

Ada beberapa tradisi khas masyarakat Indonesia yang selalu dilakukan tiap tahunnya untuk menyambut Hari Kemenangan ini. Tradisi-tradisi tersebut sudah mengakar kuat di tengah masyarakat sehingga akan terasa kurang afdal jika melewatkannya. 

Berikut adalah 5 tradisi khas masyarakat Indonesia untuk menyambut Lebaran. 

Mudik

Bagi mereka yang merantau, libur Lebaran dimanfaatkan untuk mudik atau pulang ke kampung halaman. Berkumpul bersama keluarga di kampung halaman semakin menambah kehangatan dan kebahagiaan di hari Lebaran. 

Takbiran

Tradisi ini dilakukan pada malam hari sebelum Lebaran tiba. Orang-orang akan mengadakan pawai untuk berkeliling daerah tempat tinggalnya seraya mengumandangkan takbir dan menabuh bedug dengan meriah. 

Makan Ketupat 

Ketupat seolah jadi menu wajib tiap Lebaran tiba. Biasanya, ketupat disantap bersama opor ayam, rendang, sate, ataupun menu khas lainnya. Selain rasanya yang nikmat, ketupat juga menyimbolkan beberapa filosofi, seperti “ngaku lepat” yang berarti “mengakui kesalahan”. 

[Baca juga Menyingkap Makna di Balik Ketupat Lebaran]

Silaturahmi

Lebaran membuka kesempatan untuk mempererat tali persaudaraan. Dengan saling mengunjungi rumah keluarga dan kerabat, orang-orang dapat bersalaman, mengucapkan selamat, dan meminta maaf kepada satu sama lain. 

Bagi-Bagi THR 

Selain berkumpul, menyantap makanan, dan bermaaf-maafan, tradisi bagi-bagi THR adalah momentum yang selalu dinanti-nantikan. Orang dewasa yang sudah berpenghasilan biasanya akan menyisihkan sebagian dana untuk dibagikan kepada anak-anak atau orang yang lebih muda. 

#SahabatPrimacom, itulah 5 tradisi khas masyarakat Indonesia menyambut Lebaran. Di tengah digitalisasi seperti sekarang, #SahabatPrimacom juga dapat berkirim pesan, mengucapkan selamat, dan bermaaf-maafan dengan perantaraan media komunikasi.


Primacom menyediakan berbagai solusi konektivitas untuk mendukung telekomunikasi di seluruh penjuru Indonesia, termasuk wilayah yang sulit dijangkau. Yuk, hubungi Primacom di sini!

Similar Posts