Primacom.com – 19/06/2020

 

Beberapa bulan ini terasa cukup berat terutama bagi kaum ekstrovert untuk menjalani karantina mandiri di rumah dalam rangka mendukung program Pemerintah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mengatasi COVID-19. Kini, PSBB telah berakhir dan artinya perusahaan harus siap kembali beraktivitas memasuki masa transisi “new normal”. Hal ini harus dilakukan agar roda perekonomian dapat tetap berputar dengan tetap memperhatikan kesehatan masyarakat.

 

 

Source : pinterest.com

 

 

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, bahwa dunia usaha dan masyarakat pekerja punya kontribusi besar untuk memutus penularan COVID-19 karena banyaknya populasi pekerja dan mobilitasnya. “Tempat kerja sebagai fokus interaksi dan berkumpulnya orang merupakan faktor risiko yang perlu diantisipasi penularannya,” katanya melalui keterangan tertulis, Sabtu (23/5).

 

Semua orang ingin menjalani aktivitas seperti sedia kala dan tanpa kita sadari dalam lapisan kehidupan kita telah tercipta "new normal" yang tentunya berpengaruh terhadap aktivitas kita sehari-hari, salah satunya adalah berdampak ketika mulai masuk kantor.

 

Mengutip dari AFP (Agence France-Presse Prancis, Asosiasi Pers Inggris dan Deutsche Presse-Agentur Jerman), berikut beberapa hal yang mungkin berubah ketika kita masuk kantor:

 
 
1. Tak ada jabat tangan, lebih sedikit rapat

"Jabat tangan sudah pasti tak pernah dilakukan lagi," kata Tom Frieden, mantan direktur pusat pengendalian dan pencegahan penyakit AS (CDC). Selama di kantor akan disarankan untuk tetap menggunakan masker. Selain itu, berkurangnya pertemuan merupakan dampak positif dari pandemi COVID-19 ini. "Saya berharap akan ada lebih sedikit pertemuan, karena terlalu banyak pertemuan," tambah Frieden.

 

Brandon Brown, seorang ahli epidemiologi University of California Riverside berpendapat bahwa, "Satu hal yang kami temukan dari pandemi ini dan berlindung di rumah adalah bahwa pertemuan tatap muka tidak selalu diperlukan. Pertemuan virtual harus menjadi pilihan yang berkelanjutan mulai saat ini."

 
2. Lebih banyak hari sakit

"Tetap di rumah jika Anda sakit mungkin dianjurkan," kata Brown. Sebuah survei nasional AS Oktober 2019 terhadap 2.800 pekerja oleh kantor akuntan Robert Half menemukan    bahwa 33 persen selalu masuk ketika sakit.  Telework mungkin menjadi lebih umum bagi banyak orang, terutama karena orang telah belajar selama lockdown bahwa itu mungkin.

 
3. Menyediakan konseling

Pandemi telah menelan korban jiwa dan tanggung jawab untuk memberikan konseling mungkin sangat tergantung pada pengusaha. "Jangan lupa banyak orang akan kembali bekerja setelah kehilangan anggota keluarga," kata Marc Wilkenfeld, seorang dokter yang berspesialisasi dalam kedokteran kerja di NYU Langone Health.

 

"Saya pikir perusahaan besar atau bahkan perusahaan kecil perlu mengatasi masalah ini, karena Anda ingin tenaga kerja kembali sehat, secara fisik dan mental."

 

Tiga hal tersebut diperkirakan menjadi hal yang akan berubah saat kita masuk kantor dalam masa transisi menuju “new normal”. Saat memasuki kantor dalam masa transisi ini, Menteri Kesehatan RI telah mempersiapkan peraturan umum untuk “new normal” di tempat kerja.

 

Berikut adalah peraturannya:

  1. Perusahaan menyediakan fasilitas untuk cuci tangan.
  2. Diterapkan disinfeksi berkala setiap 4 jam sekali.
  3. Karyawan diwajibkan menggunakan masker.
  4. Memastikan karyawan berperilaku hidup bersih dan sehat.
  5. Dilakukan pengecekan suhu badan karyawan dan pengunjung.
  6. Terdapat himbauan mengenai pembatasan jaga fisik, cuci tangan, dan menggunakan masker.
  7. Meja dan tempat duduk antar karyawan harus berjarak minimal 1m.
  8. Penting diperhatikan, bagi karyawan atau pengunjung yang melakukan pengecekan suhu sebanyak dua kali dengan hasil di atas 37,3 derajat celcius maka tidak diperkenankan untuk masuk.

 

 

 

So, are you ready for the “New Normal”? Buat yang sudah mulai masuk kantor kembali, pastikan tetap mengikuti protokol kesehatan dan pencegahan COVID-19 yang ditetapkan perusahaan, yah! Jaga kesehatan diri agar dapat bekerja secara optimal. Nantikan info update selanjutnya dari Primacom dan pastikan jaringan internetmu juga selalu prima!

 

 

 

Sumber

CNNIndonesia.com "3 Perubahan yang Bakal Terjadi di Kantor Usai Pandemi Corona"
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200417100134-255-494430/3-perubahan-yang-bakal-terjadi-di-kantor-usai-pandemi-corona

IDNTimes.com “Ini Aturan Lengkap New Normal di Tempat Kerja dari Kemenkes”
https://www.idntimes.com/news/indonesia/lia-hutasoit-1/kemenkes-rilis-aturan-new-normal-di-tempat-kerja-ini-isi-lengkapnya/2