Primacom.com – 11/09/2020

 

Menghabiskan waktu di rumah adalah pilihan terbaik di saat pandemi Corona Covid-19. Dengan berdiam di rumah, Anda ikut mendukung pencegahan penyebaran virus tersebut. Namun, selama di rumah sebaiknya tidak hanya menghabiskan waktu dengan berleha-leha alias tak melakukan apa-apa. Anda tetap harus berolahraga agar tubuh bugar dan imun tubuh tetap kuat.

 

Salah satu olahraga mudah dilakukan di rumah selama pandemi Corona Covid-19 adalah yoga.  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri telah menyebutkan bahwa yoga menjadi sarana untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dalam rencana aksi global mengenai aktivitas fisik pada kurun waktu 2018-2030.

 

 

Ilustrasi orang sedang melakukan yoga. Sumber: Crazeegood.com

 

 

Yoga merupakan praktik kesehatan holistik kuno yang berasal dari India. Kata 'yoga' berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti 'menyatukan' atau melambangkan penyatuan tubuh dan kesadaran. Yoga lebih dari sekadar aktivitas fisik. Yoga mengajarkan kita menjalani kehidupan sehari-hari dengan keseimbangan. Bukan hanya kesehatan fisik, rutin melakukan yoga juga efektif menjaga kesehatan mental.

 

Menukil situs Perserikatan Bangsa-Bangsa, yoga disebut sebagai alat paling ampuh untuk mengatasi stres akibat terisolasi menghadapi situasi serba tak pasti dari pandemi. Olahraga ini mungkin terkesan mudah dan sederhana. Namun, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, olahraga ini juga tergolong efektif membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat.

 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yoga.

  1. Melepas stres
  2. Mencegah penyakit
  3. Menurunkan tekanan darah tinggi
  4. Melatih kekuatan dan kebugaran tubuh
  5. Mengurangi inflamasi dalam tubuh
  6. Meningkatkan kesehatan jantung
  7. Meningkatkan fleksibilitas otot
  8. Menjaga metabolisme tubuh
  9. Memperkuat energi serta vitalitas

 

Yoga menjadi olahraga yang cocok dilakukan di rumah karena tidak membutuhkan ruang yang terlalu besar, bisa di dalam rumah maupun di halaman. Dengan pemanfaatan media digital dan jaringan internet yang baik, kini kita semua bisa melakukannya di rumah dengan mengikuti video tutorial yang banyak tersedia di internet seperti pada kanal Youtube. Gratis dan praktis. So, let’s do it, Partners! Dan, pastikan selalu jaringan internetmu selalu prima!

 

 

 

Sumber Referensi

Halodoc: Olahraga yang Aman Dilakukan Selama Pandemi Corona

CNN Indonesia: Yoga di Rumah Cara Jaga Kesehatan Selama Pandemi

Liputan6 News: Saat Pandemi Corona Covid-19, Berikut 7 Manfaat Rutin Melakukan Yoga di Rumah