Primacom.com -- 19 Februari 2021

 

Aplikasi Clubhouse jadi perbincangan warganet akhir-akhir ini. Kanal berbasis audio chat itu mendadak viral sejak digunakan oleh CEO Tesla Elon Musk dan CEO Robinhod Vlad Tenev untuk berbincang pada awal Februari lalu.

 

 

Sumber Gambar: unsplash.com

 

 

Dilansir dari The Guardian, Clubhouse merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya mendengarkan percakapan, tanya jawab, dan diskusi dari orang-orang terkemuka dengan topik yang beragam, mulai dari bisnis, pemasaran, gaya hidup, kesehatan, teknologi, dan sebagainya. Sederhananya, aplikasi ini mirip seperti podcast yang disiarkan live.

 

Begitu bergabung ke dalam Clubhouse, pengguna bebas memilih conversation room mana yang akan mereka ikuti. Mereka pun dapat memberi tanggapan atau pendapat pribadi apabila dipersilakan oleh moderator. Namun, tidak seperti podcast yang dapat didengar ulang, percakapan Clubhouse akan langsung berakhir kecuali direkam atau disiarkan ke kanal lain.

 

Eksklusivitas aplikasi ini menjadi pembeda paling mendasar dengan aplikasi media sosial lainnya. Pengguna hanya dapat bergabung apabila menerima undangan dari pengguna lainnya yang sudah lebih dulu tergabung. Selain itu, setiap pengguna pun hanya dapat mengirim undangan maksimal kepada 2 pengguna baru.

 
Sudah Dirilis Tahun Lalu

Faktanya, Clubhouse sudah dirilis sejak Maret 2020. Kanal audio chat ini dikembangkan oleh Paul Davidson dari Silicon Valley dan Rohan Seth yang pernah bekerja di Google. Saat ini, aplikasi Clubhouse hanya dapat diakses melalui perangkat ponsel iOS. Meskipun demikian, CEO Clubhouse dalam Business Today menjelaskan, media sosial ini nantinya juga akan dibuka untuk pengguna Android.

 

Dilaporkan oleh The Guardian, hingga 1 Februari 2021, jumlah pengguna Clubhouse sudah mencapai lebih dari 2 juta. Angka ini diyakini akan semakin meningkat seiring dengan maraknya penggunaan Clubhouse di kalangan selebritas dan influencer. Dengan suntikan dana yang fantastis sejak dirilis, kini Clubhouse menjadi salah satu unicorn kelas dunia setara Uber, AirBnB, dan SpaceX.

 
Bagaimana Cara Menggunakan Clubhouse?

Apabila baru pertama kali membuka Clubhouse, #SahabatPrimacom akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel. Kemudian, aplikasi akan mengirim kode verifikasi melalui SMS agar #SahabatPrimacom dapat berlanjut ke tahap pengisian nama dan username.

 

Setelah itu, Clubhouse akan mengirim notifikasi saat akun #SahabatPrimacom sudah siap digunakan. Pada tahap ini, #SahabatPrimacom perlu menunggu sampai salah satu anggota Clubhouse mengirimi SMS akses masuk. Kalau tidak mau menunggu lama, mintalah teman #SahabatPrimacom yang sudah terlebih dahulu tergabung untuk mengirimkan undangan.

 

Selanjutnya, #SahabatPrimacom perlu menginformasikan minat dan kesukaan. Semakin banyak informasi yang #SahabatPrimacom beri, semakin banyak orang dan topik diskusi yang akan direkomendasikan.

 

Tidak seperti media sosial lainnnya yang mengutamakan visual, Clubhouse hanya mengunggulkan medium berupa audio. Artinya, saat sudah tergabung di dalam satu topik perbincangan, #SahabatPrimacom dapat mendengarkan topik diskusi yang menarik dan gratis sembari melakukan pekerjaan lainnya. Selain itu, #SahabatPrimacom juga dapat keluar dan masuk ke ruang diskusi lainnya tanpa memunculkan notifikasi, lho!

 

Bagaimana dengan #SahabatPrimacom? Tertarik menggunakan aplikasi ini? Sebelum menginstal, pastikan #SahabatPrimacom memiliki koneksi internet yang prima supaya tidak mengganggu obrolan di Clubhouse.